Manado (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara akan berupaya meminimalisir informasi hoax terkait pandemi virus corona (COVID-19) di daerah tersebut.

“Kami juga berupaya meminimalisir informasi yang menyesatkan (hoax) terkait pemberitaan COVID-19,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo di Manado, Kamis.

Dia mengatakan Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati DR Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey rutin memberikan update informasi perkembangan COVID-19 secara berkala di kanal informasi milik Pemkab Minahasa.

“Selain itu, kami menginformasikan langkah-langkah strategis yang sudah diambil pemerintah pusat maupun daerah dalam penanganan penyebaran COVID-19 ini serta pemulihan ekonomi,” ungkap mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata serta Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa.

Agustivo Tumundo mengingatkan agar di masa Pandemi COVID-19, warga masyarakat kiranya tetap mematuhi protokol kesehatan serta membudayakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dalam aktivitas sehari-hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Maya Rambitan menyampaikan bahwa berdasarkan analisa data dan situasi penanganan COVID-19 di Kabupaten Minahasa telah berhasil mengendalikan kasus positif COVID-19, sehingga masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sambil menunggu adanya vaksin.

“Vaksin tersebut adalah antigen atau zat aktif pada virus dan bakteri yang apabila disuntikkan dapat menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit,” katanya.

Tujuan vaksinasi yaitu menghasilkan zat antibody yang kuat. Vaksinasi ini penting untuk mencegah penyakit, kecacatan, hingga kematian dan juga mencegah penularan penyakit ke lingkungan sosial yang lebih luas,” terang Rambitan.

Source