Sydney (ANTARA) – Negara Bagian Victoria melaporkan nol kasus COVID-19 yang terjadi secara lokal untuk pertama kalinya dalam hampir tiga minggu ketika ibu kota negara bagian di Australia itu, Melbourne, keluar dari penguncian yang sebelumnya berlangsung selama dua minggu. 
 
Melbourne keluar dari penguncian pada Kamis (10/6) malam tetapi beberapa pembatasan perjalanan dan pertemuan akan tetap ada, termasuk aturan yang akan memaksa lima juta penduduk kota untuk tinggal di rumah. 

Negara bagian tetangga Victoria, yakni New South Wales (NSW) dan Queensland, sementara itu waspada terhadap virus setelah seorang wanita yang terinfeksi beserta suaminya melakukan perjalanan dari Victoria melalui beberapa kota perdesaan di kedua negara bagian.

Wanita berusia 44 tahun itu dinyatakan positif COVID-19 setelah sampai di Queensland dan kemudian menularkan virus tersebut kepada suaminya.

Kafe, restoran, stasiun layanan, dan toko swalayan di NSW dan Queensland telah terdaftar sebagai titik panas virus, meskipun pejabat Queensland mengatakan pasangan itu kemungkinan berada di akhir periode infeksi dan berisiko rendah.

NSW, negara bagian terpadat di negara itu, belum melaporkan kasus COVID-19 yang didapat secara lokal dalam lebih dari sebulan, sementara Queensland terakhir melaporkan kasus pada akhir Maret.

Queensland melaporkan tidak ada kasus lokal pada Jumat, sementara NSW diperkirakan akan melaporkan jumlah kasus hariannya pada Jumat.

Australia telah bernasib jauh lebih baik daripada banyak negara maju lainnya selama pandemi. Negara itu mencatat hanya lebih dari 30.200 kasus COVID-19 dan 910 kematian, sebagian besar di panti wreda di Victoria.

Penguncian cepat, kontrol perbatasan internal, dan aturan pembatasan sosial yang ketat telah membantu negara itu mengatasi wabah COVID-19.

Sumber : Reuters

Baca juga: Singapura, Australia upayakan penerapan ‘travel bubble’

Baca juga: Australia berlakukan kembali pembatasan COVID19 di Melbourne

 

Puluhan rumah hancur akibat kebakaran hutan di Australia Barat

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Source