New Delhi (ANTARA) – Kementerian pertahanan India mengatakan pada Kamis bahwa seorang pemuda India berusia 17 tahun “dilaporkan ditangkap” oleh militer China setelah hilang di dekat perbatasan kedua negara tersebut.

Tentara India telah menghubungi mitranya dari China untuk menemukan dan mengembalikan remaja tersebut, Miram Tarom, menurut sebuah pernyataan di akun Twitter kementerian pertahanan.

Dalam cuitan terpisah, Tapir Gao, seorang anggota parlemen untuk Negara Bagian Arunachal Pradesh di India timur laut tempat Tarom tinggal, mengatakan remaja itu diduga diculik pada Selasa (18/1), sementara seorang temannya melarikan diri dan memberi tahu pihak-pihak berwenang India.

Kementerian luar negeri China belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

India dan China sering bentrok terkait perbatasan Himalaya yang panjang dan disengketakan. China mengeklaim keseluruhan Arunachal Pradesh sebagai bagian dari wilayah Tibet miliknya.

Pertempuran di lembah Galwan pada 2020 menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.

Ada beberapa kejadian warga sipil India yang hilang di dekat perbatasan dalam beberapa tahun terakhir, yang sering dikatakan New Delhi sebagai upaya penculikan oleh China. Beijing membantah tuduhan itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: India tangkap tentara China yang tersesat di perbatasan Himalaya

Baca juga: India dan China sepakat tarik pasukan di perbatasan Himalaya

 

India evakuasi 626 orang dari Afghanistan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source